Digital Printing

Apa Saja Jenis-Jenis Mesin Digital Printing Jakarta Barat? Inilah Pembahasannya

hasil cetak buku di jasa digital printing jakarta barat

Seiring berjalannya waktu, teknologi percetakan semakin berkembang dan kini sudah banyak diterapkan sistem percetakan digital, salah satu contohnya adalah penerapan cetak digital pada jasa digital printing Jakarta Barat. Terdapat beberapa jenis mesin percetakan digital yang bisa membantu proses cetak menjadi lebih efisien. Berikut beberapa jenis mesin digital printing. 

  1. Inkjet Printer

Salah satu jenis mesin digital printing adalah inkjet printer, yang merupakan jenis paling umum. Inkjet printer merupakan jenis printer yang memanfaatkan tinta cair sebagai elemen untuk mencetak. Anda mungkin sering melihat jenis mesin cetak digital ini di berbagai jasa fotokopi, percetakan foto, sampai dengan jasa pembuatan undangan. 

  1. Digital Offset

Jenis mesin untuk percetakan digital printing selanjutnya adalah digital offset, yaitu mesin yang bisa mencetak dengan cepat dan bisa dalam jumlah yang banyak. Mesin digital offset mampu menghasilkan cetakan yang berukuran A4 sampai dengan A0. 

Mesin ini bisa mencetak peta, kalkir, dan lain sebagainya. Selain bisa menghasilkan cetakan dalam jumlah besar, mesin offset juga bisa menggunakan warna kustom sesuai dengan permintaan dari pelanggan. 

  1. Mesin Plotter

Mesin plotter adalah suatu perangkat cetak khusus yang mampu menghasilkan cetakan berukuran besar. Berbeda dengan jenis mesin printer standar, mesin plotter ini lebih difokuskan untuk kebutuhan mencetak dengan desain yang rumit, misalnya untuk kebutuhan arsitektur. 

Tidak sembarangan, mesin plotter memanfaatkan pena khusus dalam menghasilkan detail presisi. Alat ini penting sekali dalam bidang kreatif. 

  1. Flatbed Printer

Mesin flatbed printing merupakan printer yang memiliki permukaan datar. Teknologi tinta UV pada mesin flatbed printing bisa menghasilkan tampilan akurat. Tidak seperti mesin digital printing lainnya yang biasanya mencetak media berupa kertas, mesin flatbed ini bisa mencetak jenis media yang tebal. 

Adapun contoh produk yang biasanya dicetak dengan teknik cetak menggunakan mesin printer flatbed adalah seperti gantungan kunci akrilik, plastik logam maupun metal, ID card PVC, papan nama dari kaca, dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan berbagai jasa digital printing Jakarta Barat yang menerapkan teknik cetak memakai mesin flatbed printing ini. 

  1. 3D Printer

Jenis mesin printer 3D di Indonesia mungkin masih belum sepopuler mesin mesin digital printing lainnya, namun mesin ini memiliki kemampuan yang tak kalah canggihnya. Printer 3D mampu menciptakan objek 3 dimensi sesuai dengan permintaan pelanggan, dapat menghasilkan objek yang berbentuk serta berstruktur kompleks dan juga fungsional. Printer 3D dapat dipakai untuk menghasilkan berbagai objek, seperti prototipe produk, komponen mesin, dan lain-lain.

Itulah sejumlah jenis mesin untuk digital printing atau percetakan digital. Lewat penggunaan teknologi modern tersebut, proses pencetakan bisa lebih cepat dan mudah. Jika anda memerlukan jasa digital printing Jakarta Barat, pastikan jasa tersebut profesional dan bisa menghasilkan produk cetak sesuai kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *