Kesehatan Gigi

5 (Lima) Jenis dan Harga Gigi Tiruan

Ilustrasi pemasangan gigi tiruan

Gigi yang rusak perlu dipasang gigi tiruan sebagai penggantinya. Harga dan pemasangan gigi tiruan beragam. Tergantung jenis dan bahan juga jasa dokter serta tempat pembuatan dan pemasangannya. Ada gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan permanen. Biayanya adalah mulai dari 450 ribu Rupiah per gigi untuk gigi tiruan lepasan, dan mulai 1,5 juta Rupiah hingga puluhan juga Rupiah per gigi untuk gigi tiruan permanen. Bisa pilih jenis gigi tiruan, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih.

Gigi Tiruan Tetap atau Tambahan

Ini adalah jenis gigi tiruan yang ditempatkan secara permanen di mulut dan hanya dapat dilepas oleh dokter gigi. Bahannya biasanya terbuat dari porselen atau logam dengan lapisan porselen. Gigi tiruan tetap menawarkan kestabilan dan kenyamanan yang maksimal. Namun harganya relatif tinggi. Kisaran harganya bisa mulai dari 5 juta Rupiah hingga 50 juta Rupiah per gigi tergantung dari bahan yang digunakan dan kompleksitas proses pembuatannya.

Gigi Tiruan Sebagian

Jika ada beberapa gigi yang hilang, tapi tidak semua, maka bisa memasang gigi tiruan sebagian.  Bahannya berbasis logam yang dilapisi dengan akrilik. Gigi tiruan sebagian dapat dilepas untuk dibersihkan dan guna perawatan kebersihan mulut. Kisaran harganya  antara 3 juta Rupiah hingga 50 juta Rupiah tergantung pada jumlah gigi yang diganti serta bahan yang digunakan.

Gigi Tiruan Penuh atau Lepasan

Gigi tiruan penuh, atau yang sering disebut sebagai gigi palsu, ialah gigi tiruan yang digunakan ketika seluruh gigi di rahang atas atau rahang bawah hilang. Bahannya biasanya terbuat dari akrilik dan dapat dilepas ketika dibersihkan guna merawat kebersihan mulut.

Kisaran harga untuk pemasangan gigi tiruan penuh ini antara 3 juta Rupiah sampai 50 juta Rupiah untuk satu set gigi, tergantung pada kualitas bahan juga kebutuhan tambahan seperti untuk penyangga tambahannya.

Implan Gigi

Pada proses Implan gigi perlu pemasangan sekrup logam, biasanya dari bahan titanium, ke dalam rahang yang lalu digunakan sebagai dasar untuk menempelkan mahkota gigi buatan. Hasil implan gigi lebih stabil dan bisa berfungsi  sangat mirip dengan gigi asli. Namun harganya juga cukup mahal. Bisa mulai dari 10 juta Rupiah hingga 30 juta Rupiah per implan, ditambah biaya tambahan untuk mahkota gigi buatannya.

Gigi Tiruan Fleksibel

Terbuat dari bahan yang lebih lentur seperti nilon. Cocok digunakan untuk kasus ketika gigi-gigi yang tersisa tidak sehat atau terdapat masalah pada gusi yang membuat sulit untuk menggunakan gigi tiruan konvensional. Kisaran harganya antara 5 juta Rupiah hingga 20 juta Rupiah, tergantung pada kompleksitas kasus serta jumlah gigi yang diganti.

Konsultasikan dengan dokter gigi atau atau prostodontis guna memilih jenis pemasangan gigi tiruan yang tepat serta bahannya yang sesuai besaran anggaran yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *