Pipa Sch

Tips Menggunakan Pipa Besi Schedule 40 Secara Tepat

pipa besi sch 40

Pipa Besi Schedule 40 atau pipa besi sch 40 adalah salah satu jenis pipa besi SCH yang paling umum dan paling populer digunakan. Alasannya karena pipa ini memiliki ketebalan medium yang cocok untuk berbagai aplikasi, tekanan, dan suhu. Namun, pipa besi SCH 40 paling banyak digunakan pada bidang pertambangan, gas, dan pembangunan gedung. Berikut beberapa tips menggunakannya dengan tepat.

Ketahui Jenisnya Terlebih Dahulu

Pipa schedule 40 hadir dalam dua jenis yang berbeda, yaitu seamless dan welded. Pipa besi SCH 40 berjenis seamless ideal untuk penggunaan yang melibatkan panas, seperti pertambangan minyak dan gas. Di sisi lain, pipa schedule jenis welded lebih cocok untuk penggunaan yang tidak banyak melibatkan panas.

Pipa jenis welded memiliki level keseragaman yang cukup baik dan harga yang terjangkau. Sedangkan pipe jenis seamless dijual dengan harga yang lebih mahal karena lebih kuat dan lebih tebal. Namun, pipa ini terkadang hadir dengan permukaan yang tidak sama.

Perhatikan Sambungan Pipa

Pipa besi SCH 40 banyak digunakan pada industri pertambangan dan pembangunan karena sifatnya yang tahan terhadap korosi dan kuat. Namun, perlu diketahui bahwa sambungan pipa ini membutuhkan material yang lentur. Selain itu, proses pemasangannya pun harus dilakukan secara tepat agar tetap berada di posisinya dan tidak bergeser.

Bahan yang umum digunakan sebagai sambungan pipa schedule 40 adalah lem dan pengelasan. Pemilihan bahan untuk sambungan ini tergantung pada kebutuhan. Sejumlah industri hanya perlu menggunakan lem, namun beberapa lainnya memerlukan sambungan yang lebih kuat, seperti pengelasan atau kunci. Karena itu, perhatikan kebutuhan Anda.

Ukur dan Uji Coba Pipa Setelah Pemasangan

Setelah pemasangan pipa schedule 40 selesai dilakukan, lakukan pengukuran tekanan untuk mengetahui apakah pipa sudah dipasang dengan tepat atau belum. Selain itu, lakukan uji coba dengan sejumlah metode untuk memastikan bahwa Anda menggunakan sambungan pipa dengan kualitas terbaik.

Jika terdapat kebocoran, proses perbaikannya cukup mudah. Namun, sangat disarankan untuk memasang pipa schedule 40 dengan tepat dari awal prosesnya. Dan untuk kebutuhan industri berskala besar, pastikan konstruksi bangunan sekuat mungkin.

Definisi Kata Schedule (SCH) pada Pipa SCH 40

Kata schedule (SCH) pada pipa schedule 40 menunjukkan ketebalan dinding pipa. Ketebalan dinding pipa ini nantinya berpengaruh pada kekuatan, daya tahan, serta fungsi keseluruhan dari pipa tersebut. Penggunaan kata schedule itu sendiri merupakan standar yang dikeluarkan oleh American National Standards Institute (ANSI).

Standar ini berlaku secara internasional. Semakin tinggi angka di belakang kata schedule, maka semakin tebal dinding pipa tersebut. Pipa schedule sendiri tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari pipa schedule 5 hingga pipa schedule 160. Namun, pipa besi schedule 40 yang paling banyak digunakan di berbagai industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *