Genset

Mengenal Apa Itu Genset Diesel Beserta Cara Kerjanya

genset diesel

Generator set atau genset penggunaannya cukup banyak, tidak hanya sering dibutuhkan pelaku bisnis, tetapi juga terkadang dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, khususnya di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik. Terdapat sejumlah jenis genset yang beredar, salah satunya yaitu genset diesel. Seperti apa itu genset jenis diesel dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Genset Diesel

Pada dasarnya genset sendiri merupakan sebuah perangkat yang mampu memberi pasokan daya listrik. Genset berperan menyediakan cadangan listrik maupun menjadi sumber daya listrik pada suatu lokasi/wilayah yang tak dapat terhubung dengan jaringan listrik umum. Jika genset jenis diesel, maka berarti itu adalah genset yang menggunakan mesin diesel untuk dijadikan sumber energinya agar menghasilkan listrik. 

Genset yang satu ini menggunakan perpaduan antara mesin diesel serta generator listrik untuk dapat menghasilkan listrik. Perlu diketahui bahwa genset jenis diesel berbeda dengan genset jenis lainnya, salah satu keunggulan utama genset jenis ini adalah tentang efisiensi. Selain digunakan ketika terjadi pemadaman listrik, fungsi genset diesel lainnya adalah untuk digunakan di berbagai daerah yang terpencil, di situasi darurat yang membutuhkan daya listrik, dan lain-lain.

Fungsi genset penting sekali, misalnya saat terjadi pemadaman listrik di suatu wilayah, berbagai aktivitas di wilayah tersebut akan cukup terganggu tentunya. Apalagi jika terjadi pada perusahaan atau kantor kantor layanan publik, rumah sakit, bandara, dan lain-lain yang sangat memerlukan daya listrik cukup besar.

Cara Kerja Genset Jenis Diesel

Anda mungkin juga penasaran seperti apa cara kerja genset diesel tersebut, mengingat genset ini memanfaatkan mesin diesel. Sebetulnya, prinsip kerja genset bermesin diesel ini pada dasarnya mirip dengan genset jenis lainnya, yaitu dengan cara mengubah dari energi gerak jadi energi listrik. 

Cara kerja dari genset ini diawali dari penggunaan bahan bakar solar sebagai sebuah sumber daya mesin diesel, yang nantinya dapat membantu menggerakkan rotor genset. Rotor genset yang mengalami perputaran dalam stator akan dapat menciptakan suatu daya elektromagnetik, kemudian AVR genset mengatur supaya dapat menghasilkan aliran listrik yang nantinya siap dipakai oleh berbagai peralatan listrik.

Pada prinsip kerjanya, mesin genset jenis diesel mempunyai sejumlah komponen yang utama. Tiap komponennya tersebut mempunyai fungsi unik masing-masing. Akan tetapi, tujuan utamanya sama, yakni untuk dapat menghasilkan energi listrik. 

Salah satu komponen utamanya tersebut yaitu mesin penggeraknya, yang mana mesin penggerak tersebut adalah mesin diesel yang memakai bahan bakar solar. Ada pula komponen lain berupa generator, sistem pendingin, dan lain-lain. 

Dari pembahasan di atas, Anda telah menyimak tentang pengertian genset diesel serta cara kerja genset tersebut. Semoga pembahasan kali ini dapat menambahkan wawasan lebih luas khususnya terkait dengan mesin generator set (genset).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *