Besi Plat Strip

Apa Itu Besi Plat Strip

Besi menjadi bahan material penting dalam proses konstruksi, dan manufactur juga dunia seni. Salah satunya ada yang namanya besi plat strip.

Apa itu Besi Plat Strip

Besi plat strip adalah suatu bahan material besi yang berbentuk lembaran tipis gepeng dan kotak empat persegi panjang. Ukuran besi plat strip bervariasi dengan ukuran lebar yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran ketebalannya. Bentuknya yang panjang dan lebar tersebut membuatnya penggunaannya menjadi fleksibel. Biasa diterapkan untuk keperluan konstruksi, dan manufaktur, elektronik hingga seni. Besi plat strip ini masuk ke dalam kategori sebagai baja karbon rendah. Pada umumnya terbuat dari baja ataupun bahan logam lainnya.

Aneka Jenis dan Fungsi Besi Plat Strip

Besi plat strip fleksibel penggunaannya, sesuai dengan bahan pembuatan dan tingkat ketebalannya yang beragam. Dengan fungsi utama sebagai pendukung struktural dalam berbagai konstruksi juga manufaktur serta otomotif. Berikut beberapa jenis dan fungsi dari besi plat strip tersebut.

Besi Plat Strip Hitam

Base plat besi atau yang dapat disebut juga sebagai besi Plat hitam ini biasa digunakan untuk keperluan konstruksi pada umumnya serta pembuatan beragam produk di manufaktur juga untuk keperluan elektronik, dan otomotif serta seni. 

Besi Plat Strip Galvanis

Besi plat strip galvanis ini dilapisi dengan lapisan seng yang dimaksudkan untuk mencegah korosi. Biasanya besi plat strip ini digunakan pada proyek yang membutuhkan ketahanan terhadap karat.

Besi Plat Strip Stainless Steel

Besi plat strip yang terbuat dari stainless steel ini juga tahan karat dan cocok dipergunakan pada lingkungan yang membutuhkan ketahanan terhadap korosi serta perlu kekuatan mekanis tinggi.

Besi Plat Strip Aluminium

Sifat dari besi plat strip yang terbuat dari bahan alumunium ini adalah ringan, dan juga tahan korosi, serta sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan bobot yang rendah.

Tips Memilih Besi Plat Strip

Di pasaran terdapat beragam jenis besi plat strip dengan bahan material pembuatan dan variasi ukurannya masing-masing. Pemilihan jenis besi plat strip tergantung pada kebutuhan spesifik proyek, yakni seperti struktur bangunan, dan manufaktur peralatan, juga desain arsitektur. Selain berdasarkan bahan material pembuatan maka besi plat strip juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat ketebalannya, dan ukuran lebar, serta panjangnya. Untuk memilih jenis besi plat strip yang tepat sangat bergantung pada sifat-sifat mekanis dan keawetan yang dibutuhkan untuk aplikasi tertentu. Tentukan ukuran tepat besi plat strip yang diperlukan serta bahannya. Pastikan besi plat strip yang hendak dibeli memiliki Sertifikat nasional atau SNI (Sertifikat Nasional Indonesia) sebagai jaminan mutu dan keakuratan ukurannya secara presisi.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang besi plat strip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *