Kesehatan Gigi

Harga Gigi Palsu Lepasan dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi harga gigi palsu lepasan

Berapakah harga gigi palsu lepasan? Gigi ompong, berlubang, atau keropos terutama di bagian depan memang menimbulkan permasalahan tersendiri. Tidak hanya mengganggu aktivitas seperti saat makan atau berbicara, kondisi yang demikian tentunya juga merusak kepercayaan diri Anda.

Dari berbagai solusi yang ada, menggunakan gigi palsu lepasan adalah yang paling disarankan. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tidak hanya masalah harga tetapi juga bagaimana cara menggunakannya. Nah, berikut ini adalah penjelasan terkait cara penggunaan gigi palsu lepasan yang perlu diketahui.

Berkonsultasi Dengan Dokter Gigi

Sebaiknya, Anda memasang gigi palsu lepasan langsung pada ahlinya, yaitu dokter gigi. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari berbagai resiko seperti iritasi atau gigi tidak bisa digunakan dengan baik. Saat pertama mengonsultasikan niat Anda memasang gigi lepasan, dokter biasanya akan memeriksa terlebih dahulu kondisi gigi dan mulut Anda, apakah nantinya harga gigi palsu lepasan akan benar-benar berfungsi optimal.

Selanjutnya, dokter akan memeriksa kontur mulut dan gusi untuk membuat cetakan gigi palsu. Hal ini membuat gigi palsu yang akan digunakan nantinya bisa terpasang dengan sempurna. Anda akan diminta untuk menunggu selama beberapa hari atau minggu hingga gigi palsu selesai dibuat. Jika sudah selesai, Anda akan dihubungi kemudian dokter gigi akan menjelaskan cara memasang gigi palsu tersebut.

Menempelkan Dengan Perekat

Setelah mendapatkan gigi palsu Anda bisa langsung menggunakannya dengan menempelkannya pada gusi. Agar tidak mudah lepas, gunakan perekat khusus untuk gigi palsu. Fungsi lainnya dari perekat ini adalah untuk mencegah sisa-sisa makanan menempel di sela-sela gigi palsu dan gusi. Pada saat makan atau berbicara, gigi palsu juga tidak akan mudah bergeser.

Apabila harga gigi palsu lepasan yang digunakan masih terasa kurang nyaman, Anda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter gigi Anda untuk memperbaiki beberapa bagian. Gigi palsu juga harus rajin disikat dan dibersihkan setiap hari. Apabila sudah selesai menyikat dan membersihkan, Anda harus merendam gigi palsu tersebut agar kotoran dan plak bisa menghilang. Bahkan, perawatan ini juga mencegah bau mulut pada saat gigi palsu digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *