Genset

Begini Cara Menyalakan Yanmar Genset Sesuai Panduan

yanmar genset

Pemahaman tentang genset harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin memiliki genset. Apalagi genset merupakan alat yang dapat menyuplai daya listrik ketika sumber listrik utama dari PLN terputus sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menggunakannya. Jangan sampai membeli tanpa tahu cara mengoperasikannya. Karenanya, ketahui cara mengoperasikan Yanmar genset berikut:

  1. Simpan Genset di Area Terbuka

Menghidupkan genset tidak boleh di ruangan yang tertutup seperti garasi, dalam rumah, depan pintu, atau jendela. Hal ini lantaran suhu panas yang dari genset dapat memicu benda terbakar. 

Bahkan, gas buang dari genset jika diletakkan dalam ruangan juga dapat menimbulkan keracunan. Karenanya, simpan genset dari benda sejauh 1 meter.

  1. Isi Bahan Bakar sesuai Batasannya

Untuk menghidupkan Yanmar genset pertama kali harus diisi bahan bakar. Bukalah tutup tangki bahan bakar genset secara perlahan saat mesin sudah mati dan dingin. 

Jangan isi bahan bakar sampai meluap karena luapannya dapat memicu permasalahan ketika Anda menyalakan genset. Pastikan untuk melihat indikator pengisian.

  1. Genset dan Area Sekitarnya Kering

Jika ada tumpahan setelah pengisian, Anda harus segera membersihkan semuanya karena bensin yang menguap atau masih tersisa di badan genset bisa memicu terjadinya ledakan. 

Anda bisa menyiramnya dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa bahan bakar mengalir dan terbuang. 

  1. Paham Fungsi Tiap Bagian Panel Kontrol

Pahami fungsi tiap bagian dalam panel kontrol agar Anda tidak bingung ketika menggunakannya. 

Panel kontrol menyediakan semua tombol atau tuas yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengalirkan daya listrik, dan membuka saluran bahan bakar. 

  1. Periksa Sebelum Mesin Dinyalakan 

Pemeriksaan ulang diperlukan untuk memastikan genset sudah dalam keadaan baik. Periksalah kondisi baterai, radiator, accu, oli mesin, kabel accu, dan kabel mesin. 

Pastikan kondisi kabel tidak ada yang rusak atau pernah mengalami korsleting untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

  1. Mulai Menyalakan Mesin

Jika semua sudah siap, Anda bisa mulai menyalakan mesin sesuai buku panduan saat Anda membeli genset. Namun, pastikan melakukan pemanasan pada genset sekitar 5-10 menit. 

Demikian cara menyalakan Yanmar genset yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *