Alat Masak

3 Langkah Penting Perawatan Deep Fryer Agar Tahan Lama

gas deep fryer on use

Sama seperti alat masak lainnya, gas deep fryer Anda bisa tahan lama bila Anda rajin merawatnya. Di sini, kita memiliki beberapa tips perawatan deep fryer yang bisa Anda coba. Langsung saja kita lihat!

Membersihkan Deep Fryer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan deep fryer Anda secara rutin. Bila Anda sering memakainya, misalnya untuk berdagang makanan, maka langkah ini sangatlah penting.

Ada dua jenis pembersihan deep fryer, yaitu pembersihan harian dan mingguan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pembersihan Harian

  • Matikan deep fryer terlebih dahulu untuk keamanan.
  • Buang minyak goreng sisa yang sudah dipakai. Pastikan minyak goreng dalam keadaan dingin. Saring dan taruh di tempat lain bila dirasa minyak goreng masih bersih dan bisa digunakan kembali.
  • Angkat wajan penggorengan dari deep fryer dan cuci dengan air panas dan sabun agar kotoran sisa makanan terkelupas.
  • Gunakan kain lembap untuk membersihkan bagian luar atau eksterior deep fryer dari sisa-sisa percikan minyak dan bahan makanan.

Pembersihan Mingguan

  • Kosongkan dan bersihkan penampung minyak. Pastikan tidak tersisa dan bersihkan dengan produk pembersih khusus bagian ini. Atau gunakan campuran air panas dan cuka untuk membersihkan minyak yang membandel.
  • Bersihkan elemen pemanas pada bagian bawah. Gunakan sikat halus atau kain lembut untuk membersihkannya dari sisa-sisa minyak dan makanan. Anda harus berhati-hati di sini agar tidak merusak bagian elemen pemanas ini.

Manajemen Minyak Goreng

Penggunaan minyak goreng juga termasuk dari salah satu langkah perawatan deep fryer. Minyak goreng dapat menjadi sumber kerusakan deep fryer bila tidak diatur dengan baik. Ada dua hal yang bisa dilakukan pada langkah manajemen minyak goreng, yaitu:

  • Gunakan minyak goreng berkualitas tinggi. Minyak goreng murahan akan cepat gosong dan membuat Anda harus sering menggantinya. Alhasil, deep fryer Anda akan cepat rusak karena bekas minyak yang sering muncul ini.
  • Saring minyak setiap hari untuk menghilangkan sisa makanan. Dengan demikian, maka sisa makanan tersebut tidak akan menjadi kerak saat Anda menggoreng makanan selanjutnya.

Mengontrol Suhu Penggorengan

Saat menggoreng, pastikan Anda menggunakan suhu minyak goreng yang tepat. Bila minyak goreng terlalu panas, maka minyak akan cepat rusak dan meninggalkan bekas pada deep fryer. Hal itu akan membutuhkan perawatan dan pembersihan ekstra.

Pastikan suhu minyak goreng tepat, sesuai dengan jenis bahan makanan yang ingin digoreng. Jangan pula memasukkan terlalu banyak bahan makanan. Hal ini akan menurunkan suhu minyak secara cepat dan meningkatkan beban pada elemen pemanas deep dryer.

Penutup

Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka deep fryer Anda akan dapat bekerja dengan baik. Selain itu, tiga langkah di atas juga dapat membuat deep fryer tahan lama dan tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *