Baja Ringan

Jenis – jenis Baja Ringan Terbaik yang Dijual di Pasaran

baja ringan terbaik

Di tengah banyaknya penggunaan baja ringan terbaik dalam konstruksi bangunan, ternyata baja ini memiliki berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Penasaran apa saja kira – kira jenis – jenis baja ringan yang dijual di pasaran, simak detail ulasannya di artikel berikut. 

Apa saja jenis – jenis baja ringan?

Ketika akan membeli baja ringan di pasaran, Anda nantinya akan menemukan banyak sekali jenisnya yang memiliki fungsi masing – masing. Adapun beberapa jenis baja ringan yang banyak dijual di pasaran, antara lain sebagai berikut.

  1. Baja hollow

Jenis baja ringan yang terbuat dari bahan material galvanis dengan ciri berbentuk balok, ujung berbentuk persegi dan bagian dalamnya kosong. Penggunaan baja ringan jenis ini sering digunakan sebagai bahan baku atap, kanopi dan plafon rumah.

  1. Baja kaso / truss

Merupakan baja ringan yang sering digunakan sebagai rangka atap dan dijadikan sebagai komposisi penguat tiang dan kuda – kuda. Jenis baja ringan ini, biasanya memiliki tingkat ketebalan mulai dari 0,76 mm sampai dengan 1 mm sehingga sifatnya terbilang sangat kuat. 

  1. Baja bondek

Baja ringan terbaik ini, umumnya banyak sering dijadikan sebagai rangka pada tulangan, bahan pelapis ataupun pembungkus untuk menahan beban dan tekanan beton. Baja ringan ini, juga sering digunakan untuk membangunan rangka atau atau pengganti triplek.

  1. Baja spandek

Berbentuk lembaran, jenis baja ringan spandek sendiri sering digunakan sebagai penutup / pelapis luar kerangka atap rumah atau kanopi. Seperti halnya jenis baja ringan lain, jenis baja ringan spandek ini memiliki sifat yang ringan, tahan lama dan juga tahan terhadap karat.

  1. Baja reng

Baja ringan reng biasanya berbentuk bilah – bilang yang dipasang melintang sebagai penahan atau sangkutan genteng / seng pada kasau. Dibandingkan reng bahan kayu atau bambu, jenis baja ringan reng satu ini memiliki sifat yang ringan dan tahan lama dalam penggunaannya.

  1. Baja ringan kanal C

Seperti namanya, baja ringan ini memiliki bentuk mirip huruf C dengan fungsi utama sebagai penyusun rangka atap dan kanopi rumah. Memiliki sifat yang kuat dan tahan lama, baja ringan ini sering digunakan sebagai penahan atap, kanopi dan langit – langit rumah.

Itulah tadi beberapa jenis baja ringan terbaik yang banyak dijual di pasaran dengan karakteristik dan fungsinya masing – masing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *