Baja Ringan

5 Tips Mendapat Deal Harga Kaso Baja Ringan Terbaik

baja ringan

Harga kaso baja ringan cukup bervariasi di pasaran. Kualitas, dan ketebalan merupakan beberapa faktor yang berpengaruh pada variasi harga tersebut. Lalu, bagaimana cara memilih kaso baja ringan dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif? Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar tidak salah memilih kaso baja ringan di pasaran.

#1. Memenuhi SNI

Baja kaso ringan yang telah memenuhi SNI setidaknya sudah terjamin kualitasnya. Untuk baja ringan sendiri, produknya harus sesuai dengan standar SNI 8399: 2017. Dengan ini, suatu baja ringan sudah diakui memiliki tingkat ketegangan yang tinggi dan anti korosi.

Selain itu, SNI yang dipersyaratkan juga bertujuan untuk memastikan kualitas material yang digunakan dalam produksi baja ringan. Secara umum, baja ringan yang baik dilapisi oleh beberapa material seperti alumunium, magnesium, dan seng.

#2. Tegangan Tarikan Harus Sesuai

Memilih baja ringan dengan ketegangan yang sudah terstandarisasi sangat penting. Hal ini karena kaso dengan ketegangan terlalu rendah akan rentan bengkok. Tidak hanya itu, baja tersebut tidak akan mampu menopang beban seperti genteng dengan baik dan mudah tertiup angin.

Anda bisa memperkirakan tegangan tarikan baja ringan dengan melihat label yang ada pada keterangan produk. Pada umumnya, tegangan tarikan baja kaso minimal mencapai 500 Mpa. 

#3. Pilih Kaso Baja Ringan Prefabrikasi

Harga kaso baja ringan juga ditentukan oleh kondisi produk yang prefabrikasi atau tidak. Prefabrikasi sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut baja ringan yang sudah melalui proses pemotongan langsung di pabrik. 

Pada umumnya, kaso baja ringan prefabrikasi lebih mahal jika dibandingkan dengan produk serupa yang dijual dalam potongan-potongan terpisah oleh toko bangunan. Hal ini karena kaso prefabrikasi tampil dengan ukuran baja yang lebih akurat dan rapi. Sehingga, pemasangan kaso untuk rangka bangunan pun jadi lebih efisien.

#4. Cek Massa Lapis AZ

Massa lapisan Aluminium-Zinc (AZ) dapat menentukan kualitas suatu kaso baja ringan. Baja ringan dengan lapisan AZ yang cukup berat akan memiliki ketahanan karat yang lebih baik. Tentu saja, semakin berat lapisan AZ yang diaplikasikan pada baja ringan, maka harganya pun semakin mahal.

Saat berbelanja kaso baja ringan, pastikan Anda memilih dengan teliti. Tidak jarang produsen memilih tidak mencantumkan besarnya lapisan AZ pada label baja ringan yang mereka jual. Tentunya hal ini akan menyulitkan Anda untuk menentukan apakah baja ringan yang disediakan berkualitas baik atau tidak.

#5. Bracing Kaso Baja Ringan

Hal berikutnya yang menentukan harga kaso baja ringan adalah bracing (penyangga). Kualitas bracing kaso akan menentukan kualitas konstruksi bangunan yang dibuat. Konstruksi atap akan mudah roboh karena longgar dan tegangannya rendah jika bracing yang digunakan tidak sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *